Selasa, 21 Mei 2013

gizi

tentang gizi

Peduli Gizi Indonesia (PGI) adalah salah salah satu program kerja divisi pengabdian masyarakat Ikatan Lembaga Mahasiswa Gizi Indonesia (ILMAGI). Program tersebut dilaksanakan pada akhir April lalu dengan menggelar berbagai kegiatan penyuluhan gizi seimbang dan perilaku hidup bersih dan sehat kepada sebanyak 176 siswa-siswi kelas 4 dan 5 SDN 01 Babakan Dramaga Bogor.

Penyuluhan dipandu oleh Sekretaris Jenderal ILMAGI Koko Andi Irawan dan Koordinator Divisi Pendidikan ILMAGI Novi Anggraeni, dengan menggunakan berbagai media yang menarik seperti materi bergambar power point, wayang, video, dan tembang 13 PUGS dalam bahasa Sunda serta diselingi dengan games dan lomba-lomba menarik yang dipandu oleh perwakilan delegasi universitas anggota ILMAGI. Acara yang dihadiri pula oleh Kepala SDN 01 Dramaga Ibu Sumiati, S.Pd tersebut nampak meriah, dan siswa-siswi pun terlihat sangat senang dan antusias dalam mengikuti jalannya kegiatan.

Acara lain yang digelar ILMAGI adlaah pelatihan siaga bencana bidang gizi kepada seluruh delegasi 8 universitas anggota ILMAGI. Acara yang berbentuk workshop tersebut terdiri dari pemaparan materi yang disampaikan Dosen POLTEKES Jakarta Rita Ramayulis. Setelah workshop, dilanjutkan dengan simulasi untuk memperagakan aksi-aksi yang harus dilakukan oleh ahli gizi ketika keadaan darurat bencana. 

Kegiatan ini merupakan melibatkan anggota ILMAGI dari 9 universitas di Indonesia, yakni perwakilan dari Universitas Indonesia, Universitas Esa Unggul, STIKBA Jambi, Universitas Brawijaya, Universitas Dr. Hamka, St. Carolus, Universitas Hasanudin, STIKES WCH Malang, dan Institut Pertanian Bogor. 

Kegiatan berikutnya adalah adalah sosialisasi tentang gizi seimbang dan keamanan pangan di Aula Kecamatan Ciampea, Bogor. Acara diikuti oleh 50 orang ibu-ibu kader posyandu dan 150 orang ibu rumah tangga yang sedang hamil, menyusui, dan memiliki balita. Acara yang dibuka oleh Camat Ciampea Juanda Dimansyah tersebut diawali dengan pre tes untuk menguji seberapa jauh pengetahuan peserta tentang gizi seimbang dan keamanan pangan. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan acara inti, yakni penyampaian sosialisasi tentang gizi seimbang oleh Dosen IPB Eddy S. Mudjayanto dan Wakil Ketua Ikatan Sarjana Gizi Indonesia (ISAGI) Saskia Piscesa, yang khusus membahas tentang keamanan pangan.
 
Sesi terakhir dari acara sosialisasi tersebut adalah pelaksanaan Pemberian Makanan Tambahan(PMT) pada balita, yang dilanjutkan dengan pos tes untuk mengukur pengetahuan gizi peserta setelah mengikuti sosialisasi. Hasilnya menunjukkan bahwa sebanyak 90% peserta meningkat pengetahuannya setelah mengikuti sosialisasi.



Selepas acara di dalam ruangan, peserta diberikan kesempatan untuk mengikuti pemeriksaan dan konsultasi gizi gratis yang dipandu oleh perwakilan delegasi ILMAGI. K-08

Tidak ada komentar:

Posting Komentar